Jl. Kolonel sugiono no. 13 Taman – Pemalang 52361 0284-325318 0284-325318
Rumah Sakit Islam Al-Ikhlas Pemalang

SOSIALISASI APAR (ALAT PEMADAM KEBAKARAN) DAN SIMULASI PEMADAM KEBAKARAN DI RSI AL IKHLAS PEMALANG

Pemalang, 29 Maret 2018, pukul 09.00 WiB bertempat di Halaman belakang RSI Al ikhlas Pemalang berlangsung acara sosialisasi APAR dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran.  Sosialisasi ini di ikuti oleh seluruh karyawan, dengan antusias.  Setelah sosialisasi dilanjutkan dengan simulasi pemadam kebakaran oleh pegawai APAR.

Selain itu juga dijelaskan mengenai ciri kondisi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang siap pakai :

  1. Posisi masih tersegel,
  2. Ada Pen Pengaman,
  3. Pada label pengecekan APAR (tanggal pemeriksaan dan kondisi APAR) masih berfungsi,
  4. Jarum barometer tekanan harus berada pada area hijau dengan tekanan sampai 17 bar (kecuali APAR dengan media Karbon Dioxide yang tidak memiliki barometer penunjuk tekanan isi APAR). Selanjutnya bapak Operator Apar juga menjelaskan bahwa APAR (Alat Pemadam Api Ringan)  adalah untuk memadamkan api dengan klasifikasi sumber kebakaran yaitu :
  1. Klas A : Kebakaran yang berasal dari bahan biasa padat yang mudah terbakar Contoh : kertas, kayu, plstik, karet, dll.
  2. Klas B : Kebakaran yang berasal dari bahan cair dan gas yang mudah menyala Contoh : minyak tanah, bensin, solar, thinner, LNG, LPG, dll.
  3. Klas C : Kebakaran yang berasal dari peralatan listrik (hubungan arus pendek) Contoh : generator listrik, setrika listrik, dll.

Cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)  yang tepat dan benar dengan langkah :  

  1. Buka segel dengan cara memutar pinnya
  2. Tarik pin APAR
    1. Ambil posisi tidak melawan arah angin. Cara mengetahui arah angin, perhatikan asapnya, jangan berdiri dengan posisi menantang asap. Posisi berdiri sekitar 1,5 m- 3 meter dari api
  3. Angkat APAR, arahkan moncong selang ke arah api
  4. Semprot api dengan cara menekan tuas pada alat pemadam